Langsung ke konten utama

CARA MEMOTRET...BURUNG-BURUNG DI TAMAN

Fotografi hewan di alam bebas (untuk singkatnya sering disebut sebagai fotografi satwa liar) berjam-jam waktu yang dihabiskan di tempat tersembunyi di dalam gudang menunggu subjek datang untuk mendapatkan target objek, waktu yang lama itu dihabiskan untuk mempelajari dan mendokumentasikan pada spesies tertentu di bumi ini dengan lensa telefoto yang panjang, berat, dan mahal. Ini adalah hal-hal yang membuat genre fotografi jadi menarik, dan secara alami bersentuhan dengan alam dan bidikan indah yang bisa didapatkan setelah begitu banyak percobaan. Namun, hanya sedikit yang membayangkan bahwa bisa membuat foto burung yang indah di kebun kita sendiri, tanpa menggunakan peralatan yang terlalu profesional dan mahal. Saya akan memberi tahu Anda lebih banyak, beberapa cara dan saran yang akan saya berikan di balkon/plafon rumah Anda dengan hasil yang luar biasa memuaskan.

 Foto ini dan yang lainnya di dalam artkel ini semuanya diambil di taman.


Burung yang menarik

Langkah pertama adalah menarik burung dalam jangkauan. Ini tidak sulit tetapi fase inilah yang membutuhkan lebih banyak keteguhan dan kesabaran. Bagaimana kamu melakukannya? Sederhana, cukup sediakan makanan untuk mereka makan, ini juga akan menyelamatkan banyak burung yang bisa ditakdirkan mati kelaparan karena kesulitan mendapatkan makanan.


Sebelum melanjutkan beberapa aturan penting untuk melindungi teman-teman berbulu kita :

  1. Jika Anda mulai menyediakan makanan, Anda harus melanjutkan sepanjang musim secara teratur, jika burung terbiasa memiliki sumber makanan yang tersedia maka mereka akan mengandalkan sumber tersebut , dan akan terus kembali ke titik di mana mereka terbiasa menemukannya saat berkeliling. Ketika mereka menyadari bahwa disitu makanan sudah tidak ada dan mereka memutuskan untuk mencarinya di tempat lain, Jadi perlu diusahakan untuk memastikan seseorang terus memberinya makanan pengumpan
  2. Pastikan pengumpan tidak dalam jangkauan kucing. Ingatlah bahwa banyak burung (burung hitam, burung kutilang) tidak akan menggunakan paruhnya, tetapi akan mengaduk-aduk tanah di antara biji-bijian yang dijatuhkan oleh burung lain. Oleh karena itu tidak cukup untuk menggantungkan pengumpan di cabang untuk melindungi seekor burung
  3. Hindari memberi, dengan cara apa pun, kerusakan pada subjek kita, yang merupakan aturan umum fotografi alam, meskipun sayangnya banyak yang disebut fotografer alam sering melupakannya
  4. Bacalah spesies setiap burung yang mengunjungi kebun anda agar bisa menjadi peluang untuk anda dalam bidikan nanti


 Sebuah burung pipit yang bagus, hampir pasti akan menjadi tamu reguler pertama


Bagaimana memulai? pertama tama anda bisa mulai meninggalkan makanan untuk burung-burung tersebut. dari pengalaman saya sejak awal, ada baiknya menghindari pengumpan burung yang dibeli di toko-toko. Burung-burung itu, pada kenyataannya, akan sedikit enggan menggunakan struktur buatan. Dianjurkan untuk meninggalkan makanan di cabang, mungkin di rak kayu sederhana, atau di atas kayu, yang memungkinkan burung-burung untuk melihat semua rute pelarian dengan bebas, kemudian setidaknya beberapa burung akan secara teratur datang untuk mengambil makanan apakah mungkin untuk menambahkan makanan ke tempatnya makannya yang belum sempurna, saya memanfaatkan saja yang jatuh yang memungkinkan kita untuk menghindari pemborosan untuk diisi setiap hari.



memberi makan pengumpan jatuh

Makanan apa yang harus Anda masukkan ke dalam pengumpan makanan? Itu tergantung pada burung yang ada di daerah anda dan yang ingin anda tarik untuk datang. Di antara burung tercantik dan paling percaya diri pasti ada payudara besar dan payudara biru. Kedua spesies ini menyukai biji bunga matahari . Anda dapat membelinya di setiap toko hewan peliharaan. pilih yang lebih kecil. Jika Anda mengambilnya dari pengecer produk untuk pertanian (konsorsium pertanian, pabrik, pembibitan) pastikan bahwa mereka bukan jenis yang dipilih untuk disemai, karena mereka mungkin mengandung obat-obatan di dalam, berbahaya bagi kesehatan burung.

Biji bunga matahari juga akan menarik greenback dan dari apa yang saya amati, tidak begitu dicintai oleh burung pipit (yang positif mengingat burung pipit sangat agresif dan bergerak dalam kelompok, dan kehadiran mereka dapat membuat burung lain tidak bersemangat), Insektivora (misalnya, robin dan garam laut), Namun, ini hanya boleh dibiarkan di daerah pengumpan pada hari-hari dingin, karena panas membuatnya cepat membusuk. Saya merasa berguna untuk membuat bola kapur dan biji bunga matahari  di cabang-cabang beberapa pohon. Burung lain akan menyukai berbagai biji, jadi pakan untuk kenari oke oke aja. Makanan untuk insektivora, dijual di toko hewan peliharaan, di sisi lain, umumnya tidak dihargai oleh burung-burung gratis.  

Anda juga dapat meninggalkan remah roti, roti, potongan apel dan buah-buahan lainnya , dll. Akan sangat berguna, dalam hal ini, untuk membaca halaman web ini yang didedikasikan untuk berkebun burung . Anda harus menganggarkan pengeluaran bahwa akan dibutuhkan beberapa minggu untuk membiasakan burung-burung itu datang. Tetapi jika Anda gigih, Anda akan menyadari bahwa seiring bulan dan tahun berlalu, semakin banyak burung akan menggunakan pengumpan Anda dan setiap tahun baru akan memberi Anda kejutan dari beberapa spesies baru di kebun Anda. Dengan kedatangan musim panas anda akan melihat bagaimana burung akan berhenti mengunjungi tempat makanannya. Pada saat itu, singkirkan semua makanan yang mudah busuk dan sisakan sedikit biji bunga matahari , untuk burung-burung kecil yang sesekali mengawasi situasi, hanya untuk mengingatkan mereka bahwa ini adalah tempat makan jika mereka ada disitu.


Memotret burung

Setelah sejumlah burung telah tercipta, bagaimana cara kita memotretnya? Kami membutuhkan tempat persembunyian. Kita dapat membangunnya sendiri, menggunakan papan dan terpal, bisa juga menggunakan tenda, mungkin yang terbuka dalam beberapa detik, atau kita dapat menggunakan solusi yang lebih profesional, seperti pondok Ameristep yang dirakit dalam sekejap.
 Tenda perusahaan Ameristep yang bisa terpasang hanya dalam beberapa detik dan lumayan kuat

Tapi hati-hati, foto-foto burung yang memakan palungan tidak akan terlalu indah. Untuk mendapatkan gambar yang bagus, kita harus membuat set foto , mungkin menggunakan rak, dengan cabang, daun, batang dan kerucut pinus untuk digunakan sebagai tempat bertengger, dll. Satu-satunya batasan adalah imajinasi kita.

Kami memiliki makanan yang tersedia di set kami sehingga tidak terlihat di foto, sehingga burung terbiasa mencarinya di sana juga. Ketika saya memotret (untuk sesi yang paling banyak satu atau dua jam) saya menghapus beberapa pengumpan untuk "memaksa" burung untuk datang bertengger. Namun, karena beberapa burung yang lebih mencurigakan tidak berani datang ke kandang, setelah satu atau dua jam saya mengembalikan pengumpan biasa dan pergi, sehingga memungkinkan mereka untuk melanjutkan makan.

Dalam foto berikut ini saya menunjukkan kepada Anda foto "set" yang saya gunakan hari ini. Anda bisa melihat pengumpan jatuh dan lemak babi yang saya tempatkan di cabang-cabang bertengger. Bertengger lainnya ditempatkan di baki plastik. Di dalam nampan, tersembunyi di dalam tempat bertengger, ada biji bunga matahari dan bola lemak babi. Perawatan harus diambil untuk membuang makanan sehingga tidak muncul di foto.


 Perangkat fotografi yang saya gunakan untuk memotret burung



Di foto berikut, Anda dapat melihat pondok kamuflase saya yang diposisikan beberapa meter dari set foto, dalam jarak 400mm saya. Jika Anda menggunakan lensa focal length yang lebih pendek, Anda perlu mendekatkan tempat bertengger ke tempat persembunyian.




 Dan hasil yang saya dapatkan adalah ini :
 Burung Pipit Biasa


 Burung Pipit Dada


Burung Pipit Verdone


 Burung Pipit Verdone



Kami memiliki set kami untuk mendapatkan cahaya yang menguntungkan pada jam-jam di mana kami ingin memotret. Kami sering berganti tempat bertengger, sehingga memperoleh foto yang selalu berbeda .
 Burung Pipit Besar


Peralatan

Peralatan apa yang bisa kita gunakan? Yang ideal adalah APS-C SLR dengan lensa 300mm f / 4 atau 400mm f / 5.6. Kita juga bisa menggunakan lensa zoom seperti 70-300 atau 100-400. Jelas bahwa hasil terbaik akan dicapai dengan tujuan terbaik. Tapi Anda bisa mulai dengan anggaran yang cukup rendah dengan membeli zoom 70-300 yang murah. Solusi yang bagus bisa berupa 70-200 f / 2.8 mungkin dengan pengali 1.4x atau 2x. Dengan beberapa spesies yang kurang waspada, Anda juga dapat menggunakan focal length 200mm. Saya sendiri telah berhasil menggunakan 70-200mm f / 2.8 "smooth", yaitu tanpa pengganda. Meskipun dalam hal ini kita harus sangat dekat dengan subjek, sekitar dua meter, bergerak sangat hati-hati agar tidak menakuti mereka.

Burung Grosbeak




Semoga Bermanfaat
(sumber : fototutorial.net)

Komentar

Posting Komentar