Langsung ke konten utama

CARA BEKERJA SEBUAH RANA KAMERA

Cara Bekerja Sebuah Rana Kamera

Rana kamera adalah sebuah perangkat yang mengontrol waktu pencahayaan dari tangkapan lensa, yaitu waktu di mana sensor menerima cahaya. Oleh karena itu, ini adalah salah satu mekanisme fundamental kamera. Seperti yang dapat Anda bayangkan, ini adalah mekanisme presisi tinggi yang harus menjamin keakuratan waktu pencahayaan yang dipilih, yang tidak mudah ketika kita berbicara tentang seperseribu detik.

Shutter dari kamera modern, pada kenyataannya, menjamin kecepatan rana yang sangat cepat, yang mencapai 1/8000 detik.

Bagaimana rana dibuat? Shutters dari refleks modern atau kamera mirrorless semuanya adalah tirai horden, yaitu mekanisme mengendalikan dua tirai horden yang bergerak dengan menggeser secara horizontal yang akan memungkinkan cahaya mencapai sensornya.



Contoh dari sebuah shutter modern.


Bidik kamera modern



Operasi ini sangat sederhana: ketika kita menekan tombol rana maka kedua tirai mulai jalan secara berurutan, seperti apa yang dijelaskan dalam gambar ini :




Operasi rana (waktu cepat): ketika rana dilepaskan, tirai pertama berjalan secara horizontal dari atas ke bawah, setelah beberapa saat ia mengikuti tirai kedua dan kemudian menciptakan jendela yang membentang di sepanjang bingkai, membiarkan cahaya masuk , untuk mengesankan sensor.

Gambar di atas menunjukkan bagaimana rana bekerja ketika kecepatan rana cepat diatur. Jendela geser yang dibuat oleh dua tirai yang saling mengikuti memungkinkan untuk mendapatkan kecepatan rana yang sangat cepat.

Dan contoh sebaliknya Pengoperasian yang dikali lebih lambat lebih baik dicontohkan oleh gambar berikut :

Jika kita menggunakan waktu yang lambat, yang berubah dari waktu sinkronisasi blitz menjadi 30 detik (dan, lebih lagi, dengan pose B "Bulb"), tirai kedua akan menunggu yang pertama untuk mencapai akhir langkah dan untuk waktu pemaparan yang akan dicapai diperlukan, sebelum pergi untuk menutup penutup. Hasilnya adalah bahwa untuk waktu tertentu seluruh area sensor terbuka ke jalur cahaya.



MENGETAHUI CARA KERJA RANA TENTU SAJA MERUPAKAN LANGKAH MAJU YANG BAGUS UNTUK MENJADI FOTOGRAFER YANG BAIK, TETAPI ADA HAL-HAL PENTING LAINNYA YANG PERLU ANDA KETAHUI. CARI TAHU YANG MANA.
Dengan waktu yang lambat, mulai dari waktu sinkronisasi blitz (umumnya nilai antara 1/180 detik dan 1/250 detik), Hingga tersedia terpanjang, tirai kedua dimulai hanya setelah yang pertama memiliki mencapai akhir proses dan eksposur yang benar hampir tercapai. Dengan cara ini seluruh area bingkai menerima cahaya untuk waktu tertentu.


Lampu kilat hanya dapat bekerja dengan waktu yang lambat ini: penting bahwa area bingkai benar-benar terbuka setidaknya untuk sekejap. Pada saat itu lampu kilat akan menyala dan menerangi area dengan benar. Hanya flash eksternal yang sangat canggih, mereka berhasil memotret dalam kombinasi dengan waktu paling cepat dari kamera.

Sebuah contoh dari video berikut ini akan menunjukkan bagaimana rana bekerja dalam gerakan lambat. Anda dapat melihat geser tirai dengan waktu lambat dan cepat :





Kecepatan rana dipilih oleh fotografer secara langsung, ketika ia menggunakan mode pencahayaan manual (M) atau yang disebut "Prioritas pengaturan waktu" (T, Tv atau S tergantung pada model kamera). Menggunakan program lain yang tersedia, kecepatan rana akan dipilih oleh kamera, yang akan beroperasi dengan mempertimbangkan parameter lain yang diatur untuk menjamin eksposur yang benar. Secara alami, fotografer akan selalu dapat melakukan intervensi untuk memperbaiki pilihan kamera.


Waktu pencahayaan adalah salah satu parameter mendasar fotografi, setiap fotografer pemula harus mengetahui setiap rahasia.


Untuk memahami bagaimana ini benar, lihat foto-foto di bawah ini, yang diambil dalam kondisi yang sama:



Foto kipas yang bergerak diambil dengan waktu 1/4000 detik: gerakan dibekukan.



Situasi yang sama tetapi dengan kecepatan rana 30 detik: efeknya sangat berbeda.



Semoga Bermanfaat
(sumber : fototutorial.net)

Komentar

  1. Maaf..mau ijin Copas min...makasih sebelumnya kalo di ijinin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan...Asal jangan ada yang dikurangin yak

      Hapus
  2. saya suka beritanya. makasih

    BalasHapus
  3. makasih...ilmunya bermanfaat sekali kayak newbie seperti saya

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas informasinya dan ilmu yang di share ....semoga jadi ladang amal... mantabsssssss Ranafis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiinn...sama2 bro DM1x, semoga sukses selalu

      Hapus

Posting Komentar